Faktor – Faktor Pemicu Fluktuasi Harga Emas

0
55
Pemicu Fluktuasi Harga Emas

Dalam jangka panjang, emas sering dilihat sebagai aset safe-haven yang dapat membantu mengimbangi dampak volatilitas yang dialami oleh portofolio yang banyak dialokasikan ke aset berbasis kertas seperti  saham.

Inilah sebabnya mengapa banyak konsumen menggunakan emas untuk mendiversifikasi portofolio mereka di tengah kondisi pasar yang selalu berubah.

Hal ini juga yang menyebabkan  jika saat Anda baru mengenal kepemilikan emas, Anda mungkin terkejut melihat penurunan harga emas pada hari tertentu.

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Mengapa emas turun hari ini?”

Jawabannya adalah

Setiap pasar mengalami volatilitas, termasuk hal nya dengan pasar logam mulia. Seperti kelas aset lainnya, logam mulia dapat mengalami kenaikan dan penurunan harga dalam jangka pendek.

Misal nya

Selama lebih dari 20 tahun, emas telah membentuk tren naik, dari terendah $252,90/oz. pada tahun 1999 menjadi $1.6450/oz. pada tulisan ini pada 26 Sepetember  2022. Menghasilkan kenaikan yang sangat signifikan. ROI ( Rate of Investment )  yang sangat baik atas apa yang banyak orang anggap sebagai polis asuransi atas kekayaan Anda.

Bayangkan mendapatkan pengembalian seperti itu di rumah atau mobil Anda. Untuk membantu Anda lebih memahami sifat kompleks pasar emas, mari kita lihat sekilas beberapa faktor yang dapat berkontribusi pada fluktuasi harga emas.

Emas dan Dolar AS

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi harga emas adalah pergerakan dolar AS. Karena emas biasanya dihargai dan diperdagangkan dalam dolar AS, logam mulia menjadi lebih mahal dalam mata uang lain ketika dolar meningkat nilainya. Inilah sebabnya mengapa berita ekonomi atau politik negatif tidak selalu bersamaan dengan kenaikan harga emas—setidaknya, tidak segera. Sementara saham mungkin terpengaruh dengan cepat, harga emas mungkin mengalami stabilitas relatif jika dolar tetap kuat. Ini mungkin juga sebagian mengapa, dalam jangka panjang, emas secara historis mengungguli kelas aset utama lainnya selama lingkungan ekonomi atau politik yang tidak pasti.

Krisis keuangan 2008 adalah contoh utama dari dinamika ini. Ketika krisis awalnya melanda, nilai dolar AS meningkat terhadap mata uang lain, sementara harga emas (dan sebagian besar aset lainnya) menurun. Namun, penurunan harga emas ini berumur pendek, dan sementara kelas aset lainnya terpukul, emas menguat dari level terendah $692,50/oz. pada tahun 2008 menjadi $1.920.30/oz. pada tahun 2011 sebelum mencapai penutupan harian rata-rata pada tahun 2012 sebesar $1,668.86/oz.

Emas mengalami peningkatan sebesar 240% selama periode empat tahun ini, sementara kelas aset lainnya berjuang untuk pulih sepenuhnya. Inilah yang di maksud ketika   emas adalah lindung nila.

Secara historis ia bertindak sebagai bentuk asuransi kekayaan di masa ekonomi yang sulit.

Mengapa Emas Turun?

Meskipun emas secara historis memiliki tren kenaikan secara keseluruhan, itu tidak berarti selalu naik. Seperti halnya kelas aset lainnya, harga emas dapat turun tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat berkontribusi terhadap pergerakan turun harga emas.

  1. Kelangkaan persediaan emas

Kelangkaan ini merupakan salah satu faktor yang membantu mendorong permintaan emas. Emas semakin sulit ditemukan dan semakin mahal untuk ditambang.

Permintaan emas telah melampaui pasokan dari tambang emas. Tetapi ketika kondisi pasar mendorong konsumen ke aset atau kelas aset lain, hubungan penawaran/permintaan relatif dapat berubah, menyebabkan harga emas naik dan turun.

2. Kondisi Pasar dan Ekonomi

Emas sering dianggap sebagai pembelian jangka panjang yang lebih baik daripada pembelian “ROI cepat”.

Ketika saham berjalan dengan baik dan inflasi rendah, permintaan emas sebagai lindung nilai turun karena konsumen lebih bersedia untuk pindah dari aset “safe-haven” dan ke aset yang sering dianggap lebih berisiko—dalam pikiran mereka, ada lebih banyak uang untuk dilakukan dalam jangka pendek di tempat lain

Mengapa Harga  Emas Naik?

Emas telah terbukti memiliki tren kenaikan selama 100 tahun terakhir. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang membeli emas, baik dalam bentuk koin, emas batangan, atau perhiasan, menahannya untuk waktu yang lama.

2 alasan utama kenaikan harga emas adalah :

  1. Permintaan
  2. Kondisi Pasar

Kondisi ini sangat penting selama musim gejolak ekonomi atau ketidakpastian. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gejolak pasar:

  1. Inflasi
  2. Deflasi
  3. Ketidakpastian pasar
  4. Ketidakstabilan geopolitik.

Karena emas secara historis dipandang sebagai tempat yang aman, lebih banyak negara dan individu mencoba membeli emas sebagai lindung nilai terhadap kondisi pasar yang tidak pasti.

Di antara tantangan rantai pasokan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, kenaikan inflasi di AS, potensi resesi besar, dan konflik antara Ukraina dan Rusia, banyak konsumen mencari emas sebagai aset safe-haven. dan penstabil potensial untuk portofolio mereka.

Ini mungkin menjadi faktor pendukung bank sentral saat ini meningkatkan cadangan emas mereka. Banyak negara melakukan diversifikasi kepemilikan mereka untuk mengurangi eksposur mereka terhadap aset berdenominasi dolar.

Mengapa Emas Turun Hari Ini?

Jika emas turun saat Anda membaca ini dan Anda bertanya-tanya “Mengapa emas turun hari ini

Seperti yang telah kita bahas, beberapa faktor pasar terus-menerus berperan. Harga emas, seperti halnya harga pasar lainnya, akan berfluktuasi—dan itulah yang diharapkan.

Yang lebih penting adalah bahwa secara historis, dan dalam jangka panjang, emas berada dalam tren naik.

Inilah sebabnya mengapa salah satu kekuatan emas yang paling menonjol adalah sebagai aset jangka panjang.

Juga mengapa emas menjadi pilihan populer baik untuk kepemilikan fisik maupun sebagai bagian dari portofolio pensiun dalam bentuk  logam mulia.

 

Michico